Saturday, November 4, 2017

Ibu Rumah Tangga Yang Sukses Berbisnis Online

Beberapa tahun terakhir ini, dunia bisnis online berkembang pesat. Perkembangan jaringan internet yang semakin luas dan hadirnya berbagai smartphone dengan bermacam merk semakin memberikan kemudahan dalam bertransaksi online. Hal ini membuat masyarakat giat mencari peluang bisnis berbasis online. Tak terkecuali seorang ibu rumah tangga dari daerah Pekalongan yang bernama Ulfatul Jannah atau yang biasa dipanggil Bu Ulfa.

Ulfa adalah seorang ibu rumah tangga dengan dua anak, sehari-hari menjalankan aktivitas layaknya ibu rumah tangga pada umumnya,mengurus anak, memasak, mencuci, membereskan rumah dan sebagainya. Memulai karirnya sebagai pebisnis online pada tahun 2015. Meski sebagai ibu rumah tangga, tak menjadi halangan baginya untuk berbisnis.

Wanita yang pernah belajar di pondok pesantren Mamba’ul Ulum Kajen, Margoyoso Pati ini memang punya hobi berbisnis. Pada awalnya dia berjualan baju-baju muslim dan baju anak di rumahnya. Kemudian dengan adanya internet dia mulai berpikir untuk mengembangkan bisnisnya secara online.
Tidak hanya menjual baju muslim maupun baju anak, di akun facebooknya yang diberi nama Ulfa Nufaza, dia mulai mengembangan produk dagangannya dengan menjual aneka macam kain batik yang menjadi produk unggulan di daerahnya. Berbagai macam kain batik,baju kemeja, atasan wanita hingga daster laris manis diburu pembeli dari segala penjuru tanah air. Pesanan seragam dalam jumlah ratusan pun dilayaninya dengan baik. Hingga kini ada dua akun facebook yang dikelolanya untuk melayani pembeli yang semakin hari semakin bertambah. Selain lewat facebook, ada akun Instagram dan Shopee untuk lebih memperluas Target Marketnya

Lalu apa yang menjadi rahasia suksesnya menjadi ibu rumah tangga yang sekaligus mengelola bisnis online?

Dia memaparkan beberapa rahasia suksesnya antara lain :

1. Pintar membagi waktu
Sebenarnya tidak mudah menjalankan usaha atau bisnis dari rumah, apalagi jika seorang ibu dan memiliki anak-anak yang masih kecil dan sangat membutuhkan perhatian besar, untuk itu dibutuhkan pembagian waktu yang seimbang antara bisnis dan urusan rumah tangga agar semua tetap berjalan dengan baik.

2. Kepercayaan
Salah satu kunci sukses dalam berbisnis online lainnya adalah kepercayaan. Kepercayaan ini sangat penting karena pembeli dan penjual tidak bertemu secara langsung untuk melihat produknya. Jadi, tanpa keprcayaan, mana mungkin bisnisnya akan berjalan dalam waktu lama.
3. Adanya komunikasi yang terbuka dengan pembeli
Komunikasi yang baik dengan para pembeli. Pembeli bisa bertanya-tanya secara langsung mengenai spesifikasi produk yang dijual.

4. Sabar melayani pembeli
Ada bermacam-macam tipe pembeli, ada yang tanpa bertanya langsung memesan barang, ada yang banyak bertanya namun tak jadi membeli, bahkan ada juga pembeli yang sudah memesan tiba-tiba membatalkan secara sepihak. Semua itu harus dilayani dengan penuh kesabaran dan dilayani dengan baik

Itulah beberapa kunci sukses yang diberikan oleh Ibu Ulfa dalam menjalani bisnis online sekaligus menjadi ibu rumah tangga. Buat Anda yang ingin mengenal lebih jauh dengannya, bisa kontak langsung melalui facebook atau instagramnya.