Menikmati wisata sambil bermain air?
Pasti asik dan seru ya...? 
Nggak hanya anak-anak saja yang suka, orang dewasa pun menyukainya. Dengan lokasi yang jauh dari hiruk pikuk kemacetan lalu lintas kota. Jauh dari pengapnya udara kotor penuh asap, sepertinya bisa jadi referensi liburan kita. Bermain di alam bebas, menikmati desa yang asri dengan sawah terhampar dan gemrick air sungai yang bening. Rasanya seluruh lelah dan penat luruh seketika begitu melihat hijau pepohonan dan gemericik air. Bagi orang yang tinggal di desa, pemadangan seperti ini mungkin sudah biasa, tapi bagi orang yang tinggal di kota, wisata pedesaan bisa jadi alternatif liburan yang perlu dicoba.
 
Buat kamu yang tinggal di kabupaten Batang  mungkin sudah tidak asing dengan nama Deswita Pandansari, tapi buat yang dari daerah lain bisa saja baru mendengar namanya. Deswita Pandansari merupakan sebuah desa di kecamatan Warung Asem Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Desa yang berjarak kira-kira 15 km sebelah barat alun-alun kabupaten Batang ini menawarkan konsep wisata pedesaan dengan memanfaat  sungai dan saluran irigasi. Desa wisata ini mulai diperkenalkan sekitar tahun 2014 oleh sekelompok pemuda yang tergabung dalam Komunitas Pecinta Alam Enak Tentrem Ora Mendem atau disingkat “Kopal Etom”. Mereka mulai mengenalkan  potensi wisata didesanya melalui media sosial. Tak heran jika ada peningkatan wisatawan yang datang setiap tahunnya. Tak hanya dari daerah sekitarnya, dari luar kota pun sudah mulai berdatangan ke desa wisata ini.

Seperti beberapa hari yang lalu,  saya pun berkesempatan menjejak desa wisata ini, bersama dewan guru dan siswa baru dari sekolah tempat saya mengajar.  Masa Orientasi Siswa Baru di sekolah kami diisi dengan acara camping, outbound dan tubing. Acara berlangsung selama 1 hari satu malam. Anak-anak kelihatan sangat menikmati acara ini dan mereka tak bosan-bosannya bermain air. Selain puas bermain air mereka juga menjajal permainan seru di arena outbound

Meski terbilang masih baru, desa wisata ini menawarkan beberapa fasilitas yang menarik dengan biaya terjangkau. 

Apa saja sih fasilitas yang ditawarkan di desa wisata ini?

1. Camping Ground.


Kalau ingin merasakan sensasi menginap di alam bebas bisa coba fasilitas ini, nggak perlu repot bawa tenda dan perlengkapan memasak, karena di camping ground ini, pengelola sudah menyediakan tenda dan makan sehari 3x. Fasilitas MCK juga sudah ada, bahkan di sekitar area camping pun terdapat saluran air yang bersih. Yang nggak kalah asik lagi, di area ini juga disediakan spot wifi. Jadi kamu bisa upload foto-foto kegiatan kamu langsung dengan memanfaatkan spot wifi yang ada.

2. RiverTubing  

Keseruan kamu semakin lengkap dengan kegiatan tubing sepanjang 4 km menyusuri sungai. Nggak perlu takut dengan keamanannya, karena yang pasti ada pemandu yang siap membantu dan mendampingi perjalanan tubingmu. Wahana tubing ini juga sangat aman buat yang baru pertama kali mencoba tubing karena arusya nggak seekstrem wahana tubing di sungai-sungai deras dan berbatu.  Asiknya lagi, kamu bisa mendokumentasikan keseruan tubingmu, karena ada tukang foto yang siap mengambil gambar selama perjalanan menyusuri sungai. Ekspresi-ekspresi menarik akan tampak di foto tanpa kamu menyadarinya. 




3. Out Bound Fun Game

Ada beberapa permainan seru yang bisa dimainkan bersama teman-teman untuk melatih kerjasama dan kekompakan. Didampingi oleh mas-mas dan mbak-mbak yang ramah yang akan memandu jalannya permainan kamu.





Selain fasilitas wisata yang sudah disebutkan tadi, ada satu permainan seru yang kami lakukan di sana yaitu meluncur di saluran irigasi. Sambil mengantri giliran untuk tubing, kami mencoba bermain seluncuran di saluran irigasi yang airnya cukup bersih dan deras. Tanpa perlu ban besar dan pelampung, kami bisa meluncur mengikuti arus tanpa tenggelam. Seperti yang bisa kamu lihat di video berikut:



Oh iya, untuk informasi lebih lanjut tentang wisata ini kamu bisa lihat di sini :

Info Desa Wisata Pandansari

Linknya emang nggak biru ya...bawaan templatenya, tapi bisa diklik kok

0 Comments