Wednesday, October 17, 2018

Merencanakan Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga

Photo by : pixabay.com
"Sekolah itu capek ya buk, dari pagi sampai siang cuma duduk aja, nulis, ngerjain tugas, ngerjain soal, aku bosan, pengin liburan, jalan-jalan." Gerutu Si Sulung hari itu.
"Kemarin kan kamu udah ikut kegiatan renang dengan teman-teman sekolah, Nak."
"Iya tapi masa sih cuma berenang aja, aku pengin liburan ke mana gitu, yang agak jauhan dikit, yang nginepnya di hotel yang ada kolam renangnya, kan asik bisa berenang terus."

Sambil mencuci piring aku dengerin aja tuh, rengekan Si Sulung yang pengin liburan. Kelihatannya dia memang sudah berada di titik jenuh, makanya beberapa hari ini seperti kurang bersemangat pergi ke sekolah, padahal ini masih bulan oktober dan liburan akhir tahun masih 2 bulan lagi.  Tapi anak-anakku sudah ngitung hari aja nunggu liburan datang. Emaknya jadi garuk-garuk rambut yang nggak gatal.

Malamnya, aku sama suami pun jadi lanjut ngobrolin soal liburan akhir tahun ini. Kira-kira ke mana ya, liburan kali ini? 2 tahun yang lalu udah ngajak mereka ke Bandung selama semingu, terus 2 bulan yang lalu ke Jakarta. Akhir tahun ini enaknya ke mana ya. Pengennya sih ke Bandung lagi, tapi kok bolak balik aja di situ ya. Sebenaranya kalau ke Bandung si nggak perlu terlalu pusing karena kita ada saudara di sana. Masalah transportasi dan akomodasi nggak terlalu jadi pikiran.

Coba baca ini juga : Liburan Seru di Bandung

Ke Bandung, ke Semarang, ke Jakarta udah semua.  Ke Jogja kayaknya cocok nih, tapi kelihatannya Pak Suami kurang semangat menyambangi kota ini. Tiba-tiba, aku kepikiran sama Bali. Kemarin baru ngeliat postingan temen di Instagram yang asik liburan keluarga di Bali. Kayaknya destinasi wisata ini bisa dijajal bareng anak-anak. mengingat anak-anak kan sudah besar. Kalau dulu waktu mereka masih kecil, aku memang nggak pernah kepikiran untuk mengajak mereka pergi-pergi ke tempat yang jauh. Aku orangnya nggak suka repot. Tapi kalau sekarang mereka sudah besar mungkin akan beda ceritanya.

Bicara tentang Bali, tempat ini memang selalu menarik untuk dijadikan destinasi liburan. Keindahan alam dan keramahan penduduknya membuat banyak orang selalu bermimpi dan bermimpi lagi untuk bisa ke sana. Kelestarian budayanya yang selalu dijaga, tak pernah lekang meski banyak wisatawan atau turis asing keluar masuk.

Sebenarnya, Bali bukanlah tempat yang belum pernah kami kunjungi, beberapa tahun yang lalu aku pernah berlibur ke sana selama 5 hari. Suami pun pernah beberapa bulan tinggal di sana bersama teman-temannya semasa muda dulu. Tapi itu semua sudah lama sekali. Pastilah sudah banyak perubahan di sana sini. Aku tanya sama Pak Suami, kira-kira ke tempat wisata mana aja ya kalau kita liburan ke Bali. Saran Pak Suami sih ke Kabupaten Badung, karena dulu suami pernah tinggal di Kabupaten itu selama di Bali, jadi sedikit banyak dia udah hafal daerah itu. Mungkin bisa juga sekalian bernostalgia ya.


Photo by balitoursclub.net
Setelah berdiskusi empat mata dengan suami selama beberapa jam, mantaplah kami untuk pergi ke Bali dengan tujuan Kabupaten Badung. Supaya rencana liburan ini sukses dan nggak berantakan, pastinya aku dan suami harus menyiapkan segala sesuatunya, mulai dari membuat itinerary atau rencana perjalanan, memilih akomodasi dan hal-hal lainnya untuk kelancaran acara liburan.

Nah, karena saya perginya bareng keluarga, dan liburannya sampai beberapa hari, yang mesti jadi perhatian lebih dulu adalah akomodasi selama di sana, nggak mungkin kan ya pergi ke bali dalam sehari atau dua hari, minimal 3 sampai 5 harian include perjalanan. Untuk itu kita pasti butuh tempat menginap. Kalau bisa sih yang murah aja ya mengingat budget yang terlalu besar. Kalau cari hotel atau tempat menginap yang mahal pasti banyak ya, tapi kasihan dompetku ini, bisa jebol nanti. Yang penting murah tapi nyaman, demi kelangsungan hidup hari-hari selanjutnya. ha ha..

Enaknya gimana ya, mencari tiket menginap di hotel dengan biaya lebih murah?
Coba googling, melototin perbandingan harga antara satu hotel dengan hotel lainnya. Sampe mata ini sepet belum juga ketemu yang pas. Akhirnya ketemulah salah satu jasa penyedia layanan pemesanan  hotel yang lebih murah yaitu Traveloka.


Layanan pemesanan hotel lewat Traveloka ini bisa dilakukan di manapun, kapanpun asal ada koneksi internet. Selain lebih murah, bebas biaya transaksi, pilihan hotelnya juga sangat banyak dan beragam.  Keuntungan lainnya memesan tiket di Traveloka ini adalah sistem pembayarannya yang mudah, bisa lewat ATM, Kartu Kredit maupun Internet Banking.

Daaan...fix, akupun memesan hotel lewat Hotel Traveloka



Masalah akomodasi sudah selesai, tinggal memikirkan moda transportasi buat ke sana. Meski masih dua bulan lagi, liburan bareng anak-anak itu perlu dipikirkan jauh-jauh hari dan dipersiapkan matang-matang biar kita nggak repot nantinya. Tahu sendiri kan, anak-anak kadang nggak bisa ditebak maunya apa. Kalau ada yang kurang nyaman kan bisa jadi mereka rewel dan minta pulang. hadeeh...bisa nyungsep-nyungsep nanti Emaknya.

Buat yang udah merencanakan liburan akhir tahun ini bareng keluarga, cobain deh, booking hotelnya melalui  Hotel Traveloka.