Tuesday, April 24, 2018

Sedang Liburan ke Kota Ini, Cobain Serabi Khasnya yang Lezat

Di antara berbagai macam kue khas Nusantara yang lezat, Serabi atau surabi adalah salah satu jenis gudapan yang mudah ditemui di mana saja. Uniknya, meski hampir semua kota memiliki jajanan basah ini, namun masing-masing daerah punya ciri khas serabinya masing-masing. Yang paling unik dan banyak diburu para pecinta kuliner adalah beberapa serabi berikut ini.

Kalau kamu sedang berburu promo tiket pesawat murah ke kota-kota ini, jangan lupa masukkan jadwal berburu serabi khasnya ya. Ssst, nggak semua berbahan tepung dan kelapa loh…

Kalau kamu sedang berburu promo tiket pesawat murah ke kota-kota ini, jangan lupa masukkan jadwal berburu serabi khasnya ya. Ssst, nggak semua berbahan tepung dan kelapa loh…

SOLO
sumber : pekanbaru.tribunnews.com
Rasanya nggak lengkap kalau ke Solo tapi tak mampir mencicip serabinya yang lezat. Di Solo, serabi terbuat dari tepung dan santan yang disajikan tanpa kuah. Makan selagi hangat, dan lembutnya adonan serabi Solo yang lumer di mulut pasti bikin ketagihan. Serabi yang pinggirannya tipis dan bagian tengahnya gendut dengan sisi cokelat di bagian bawah sementara atasnya berwarna putih ini biasanya dijual dengan atau tanpa topping. Jika suka yang original, maka pilihlah yang polos. Sementara kalau kamu suka yang agak modern, pilihan topping seperti meses atau nangka bisa jadi pilihan.

JAKARTA
sumber : wikipedia
Berpinggiran tipis dan berwarna hijau muda dan putih, serabi Jakarta yang terbuat dari tepung dan santan ini lebih dikenal dengan nama kue ape. Serabi khas Ibukota ini biasanya disajikan polos tanpa kuah atau kelapa. Meski sekilas penampakannya mirip dengan serabi Solo, namun rasa dari kudapan gurih legit ini berbeda dari serabi dari kota lainnya di Indonesia. Sudah pernah coba?

MINANG
sumber : banjarmasin.tribunnews.com
Berbeda dengan serabi khas Solo yang terbuat dari tepung dan santan, di Minang serabinya terbuat dari tepung dan tape singkong. Bentuknya pun berbeda, tebal bulat merata dan berwarna cokelat di kedua sisinya. Namanya pun unik, pinukuik, meski rasanya masih mirip dengan serabi di Jawa tapi rasa khas dari tapenya nggak akan bisa kamu lupakan. Bali

BALI


sumber :travel.tempo.co

Jajanan yang paling banyak diburu di Bali boleh saja pie susu. Tapi kalau bicara soal jajanan tradisional, serabi Bali nggak kalah lezat dari kue oleh-oleh khas Pulau Dewata lainnya.

Dikenal dengan nama Jaja Laklak, keunikan serabi dari Bali adalah warnanya yang sepenuhnya hijau. Bentuknya bulat tebal merata di seluruh sisi dan disajikan dengan kelapa parut yang kemudian disiram kuah gula merah nan legit. Rasanya, lezat! Apalagi kalau kamu mencicipnya kala masih hangat. Hmm, tiada duanya. Bikin banyak wisatawan kangen dan membeli promo tiket pesawat ke Bali hanya demi mencicip serabi ini.


Buat kamu yang punya agenda liburan ke “Pulau Dewata” ini, harus mencicipi  serabi Bali, tinggal beli tiket pesawatnya di https://www.traveloka.com/tiket-pesawat atau melalui agen perjalanan kepercayaan kamu. Siapa tahu ada promo tiket pesawat murah, jadi sisa budget untuk ongkos liburan kamu bisa digunakan untuk membeli lebih banyak serabi Bali.



AMBARAWA

sumber : youtube

Rasa dari serabi Ambarawa tidak jauh berbeda dengan Solo, namun bagian tengahnya lebih tipis dan disajikan dengan kuah. Warnanya pun berbeda, tidak hanya putih saja di bagian atasnya, namun berhias dengan warna hijau yang segar. Untuk menikmati makanan yang dikenal dengan nama serabi kucur ini, kamu akan disuguhi santan kental manis dan gula jawa yang legit. Cocok buat sarapan di pagi hari, dan cukup kenyang meski hanya habis beberapa potong.


BANDUNG

sumber : bintang.com
Bentuk dari serabi Bandung mirip dengan yang ada di Bali, namun warnanya putih. Yang membuat serabi khas Kota Kembang ini berbeda adalah topping yang menjadi pelengkapnya. Bukan gula ataupun santan dengan gula merah, serabi Bandung biasanya disajikan dengan topping oncom lalu disiram dengan kuah kinca. Hmm, penasaran kan bagaimana rasa serabi dengan topping oncom? Cari promo tiket pesawat murah kamu di sekarang juga. Dan cicipi jajanan unik ini.